Resensi Novel “BUMI CINTA”-Habiburrahman El-Shirazy

Resensi Novel “BUMI CINTA”-Habiburrahman El-Shirazy
Judul buku : BUMI CINTA
Pengarang : Habiburrahman El-Shirazy

Novel karya Habiburrahman El-Shirazy yang berjudul “Bumi Cinta” ini merupakan novel yang berkisah romansa relijius dan menjadi predikat novel pembangun jiwa. Saya memutuskan untuk membaca novel ini karena jumlah halaman yang lumayan tebal sehingga saya gunakan untuk RCO level pertama.

Menurut saya novel ini lumayan berbobot, di mana kisahnya di mulai dari seorang pemuda islam yang bernama Muhammad Ayyas. Ia adalah mahasiswa pasca sarjana di Delhi, India yang pernah mondok atau nyantri di Pesantren Kajoran Magelang dan melanjutkan kuliah di Madinah. Ia berniat untuk mengerjakan tugas penelitian dari dosen pembimbingnya.

Tiba di Rusia Ayyas disambut oleh teman lamanya yang bernama David. David mencarikan apartemen untuknya dengan menyesuaikan kondisi keuangan dan lokasi yang strategis, maka David memilihkan apartemen yang harus berbagi dengan orang lain. Dan parahnya Ayyas harus berbagi dengan dua wanita jelita yang bernama Linor dan Yelena. Dari sinilah ujian dan berbagai masalah dihadapi Ayyas. 

Tidak sampai disitu saja dosen pembimbing yang dirujuk oleh dosennya di Delhi tidak bisa membimbingnya selama penelitian sehingga harus digantikan oleh asistennya, Anastasia. Tiga wanita inilah yang mendominasi kisah perjalanan Ayyas selama di Rusia. Penasaran kisah mereka? Baca yuk novelnya sampai selesai.

Kelebihan novel ini adalah di dalamnya menggunakan beberapa bahasa Rusia sehingga sedikit demi sedikit bisa belajar dari sini. Selain itu, dalam alur ceritanya berbagai tempat di Moskwo, Rusia diceritakan secara detail sehingga pembaca serasa masuk ke dalam ceritanya. Kelebihan yang lainnya yaitu dari Novel ini bisa banyak belajar tentang ilmu agama juga yang disajikan dalam cerita yang menarik.

Kelemahan novel ini menurut saya adalah kisah Ayyas yang tidak begitu greget karena saya kira klimaks cerita di titik ketika terjadi pemboman dan ternyata di sana tidak terjadi konflik yang begitu kuat sehingga masalah langsung terselesaikan. Akhir cerita novel ini juga terkesan menggantung sehingga saya penasaran akan kelanjutan ceritanya.

Saya sangat merekomendasikan novel ini karena dalamnya banyak menyampaikan pesan kepada kita. Dari 5 bintang saya memberikan 3,5 bintang untuk novel ini.

#ReadingChallengeOdop
#OneDayOnePost

Komentar

  1. Balasan
    1. Ceritanya keren mba. Percaya deh. Wajib baca sekarang juga 😍

      Hapus
  2. Salah satu buku favorit aku karena setting tempatnya di rusia..

    BalasHapus
  3. Langsung tertarik pengen baca karena settingnya di Rusia, juga karena penulisnya kang abik 😍

    BalasHapus
  4. Penasaran. Apalagi settingnya di negara lain. Terima kasih atas resensinya. Note untuk dilirik nih bukunya.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib baca mba. Hehe, ga bakal kecewa sama ceritanya

      Hapus
  5. Keren mbak, terima kasih reviewnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Rahasia

Raih Keberkahan dengan Menebar Kebaikan